“ PERDAGANGAN BEBAS : JALAN KELUAR ATAU PINTU MASALAH ?

OLEH KRISMAN SIMAMORA

Gambar 

                      Perdagangan Bebas. Satu hal yang bagi masyarakat awam seperti kita mungkin asing mendengarnya. Tapi bagi pemerintahan, mungkin ini adalah salah satu penunjang perekonomian negara. Perdagangan Bebas sendiri memiliki pengertian yaitu konsep ekonomi yang isinya mengenai penjualan produk antara satu negara dengan negara lainnya yang tanpa dikenai pajak ekspor ataupun impor, serta tanpa hambatan yang lainnya.

Dari pengertiannya, sepertinya sangat menguntungkan perdagangan bebas ini. Kenapa tidak menguntungkan, jika penjualan produk suatu negara ke negara lain tidak dikenakan pajak ekspor ataupun impor yang berarti akan sedikit uang yang keluar dari pemerintahan. Tapi, tunggu dulu. Ternyata, perdagangan bebas tidak sesederhana kelihatannya. Ada hal – hal penting yang harus kita ketahui mengenai perdagangan bebas ini.

Kalau kita lihat dari dampaknya perdagangan bebas mempunyai dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya adalah :

  1. Perdagangan bebas dapat meningkatkan volume perdagangan di suatu negara, karena banyak perusahaan dalam negeri maupun importir negara lain terpacu untuk membuat suatu produk agar banyak peminatnya dam menciptakan banyak kreasi – kreasi baru yang lebih inovatif dan lebih menarik konsumen
  2. Negara bisa menarik investasi dalam perdagangan bebas dan hasil investasinya itu bisa digunakan untuk mengekspor produk – produk yang dihasilkan suatu negara ke negara – negara lain yang tidak mengikuti perdagangan bebas itu sendiri
  3. IPTEK pun bisa berkembang karena banyak perusahaan yang ingin menghasilkan produk mereka sebanyak – banyaknya agar memperoleh keuntungan yang lebih berlipat dibandingkan cara biasa
  4. Perdagangan bebas bisa menambah devisa negara
  5. Hubungan antar negara sebagai anggota dari suatu perjanjian perdagangan bebas itu pun akan lebih erat lagi.
  6. Peluang kerja pun bisa menjadi lebih banyak

Tapi, selain dampak positif, ada dampak negatif juga yang disebabkan oleh adanya perdagangan bebas ini. Diantaranya adalah :

  1. Negara akan semakin tergantung dan tidak mandiri
  2. Banyak sektor – sektor yang akan gulung tikar atau berpindah haluan menjadi importir jika produk mereka gagal bersaing dengan produk dari luar
  3. Semakin banyak orang akan memakai produk luar negeri yang mungkin relatif lebih berkualitas dan harga yang mungkin terjangkau sehingga bisa mengurangi rasa nasionalisme dan bisa menghilangkan semboyan “pakailah produk dalam negeri”.
  4. Jika negara tidak mampu bersaing, maka banyak perusahaan – perusahaan akan melakukan PHK secara besar – besaran sehingga akan mengakibatkan tingginya angka pengangguran.

Dari dampak – dampak yang sudah diuraikan diatas, ternyata perdagangan bebas tidak sepenuhnya menguntungkan negara – negara yang terlibat didalamnya, seperti Indonesia. Banyak dampak – dampak negatif yang jika kita baca di atas, bisa membawa pengaruh yang sangat buruk bagi perekonomian Indonesia. Tapi, tidak bisa dipungkiri juga bahwa dampak – dampak positifnya sangat menggiurkan bagi negara serta perusahaan – perusahaan yang berkecimpung di dalamnya. Semuanya kembali lagi ke keputusan pemerintah. Apakah akan ikut dalam pola perdagangan bebas, atau tidak.

Saran saya mungkin, jikalau pemerintah Indonesia memutuskan untuk ikut dalam pola perdagangan bebas itu, jangan sampai perdagangan bebas itu mengontrol sepenuhnya perekonomian Indonesia. Justru disini, pemerintah harus lebih mengembangkan dan meningkatkan sektor – sektor dalam negeri sendiri, sehingga ketika terjadi penyerbuan dari luar, sektor – sektor dalam negeri dalam keadaan siap bersaing dan harus menyiapkan strategi – strategi yang digunakan untuk bertahan dalam pola perdagangan bebas ini. Sehingga kehidupan bangsa Indonesia pun semakin baik dalam berbagai sektor dan kesejahteraan rakyat pun dapat meningkat karena itulah salah satu faktor penting mengapa pemerintah mengambil keputusan untuk ikut dalam pola perdagangan bebas tersebut.

Sumber :

  1. http://ekosuwono.files.wordpress.com/2010/01/perdagangan-bebas.pdf
  2. http://triarta.wordpress.com/2010/07/07/perdagangan-bebas/
  3. http://dellyherdiana.blogspot.com/2011/04/dampak-perdagangan-internasional.html

http://www.google.co.id/imgres?q=perdagangan+bebas&hl=id&biw=1360&bih=600&tbm=isch&tbnid=lPz9PBuiiYv66M:&imgrefurl=http://mesin4tak.wordpress.com/2012/01/12/pertamina-vs-shell/&docid=IE_U5uQ4qeG4cM&imgurl=http://mesin4tak.files.wordpress.com/2012/01/free-trade.jpg&w=600&h=439&ei=YLqmT7b8BYvPrQeFwIj_AQ&zoom=1&iact=rc&dur=373&sig=118001842478822515756&page=1&tbnh=112&tbnw=153&start=0&ndsp=23&ved=1t:429,r:6,s:0,i:79&tx=85&ty=45

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: